SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-67, REPUBLIK INDONESIA !

  SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-67,  REPUBLIK INDONESIA ! Jumat, 17 Agustus 2012 merupakan hari yang sangat istimewa bagi negeri tercinta ini....

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-67, 
REPUBLIK INDONESIA !


Jumat, 17 Agustus 2012 merupakan hari yang sangat istimewa bagi negeri tercinta ini. Mengapa ? Jelas saja, hari tersebut merupakan Hari Ulang Tahun (HUT)-RI yang ke-67 yang identik dengan hari kemerdekaan Indonesia yang juga jatuh pada hari Jumat, tepatnya 17 Agustus 1945.
 
Hari kemerdekaan Indonesia merupakan waktu yang keramat bagi bangsa Indonesia. Pada hari itu, langkah baru dari perjalanan bangsa ini dimulai dengan dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Dalam kalender Hijriyah, 17 Agustus 1945 bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 H. Pemilihan tanggal itu sebagai hari proklamasi kemerdekaan Indonesia dinilai sebagai waktu yang tepat oleh kalangan Islam karena berada pada hari yang baik, yakni hari Jumat yang ada pada bulan suci Ramadan. Peringatan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini pun jatuh pada hari Jumat, tepatnya tanggal 28 Ramadhan 1433 H. Sungguh peristiwa yang jarang terjadi.

Keistimewaan hari Jumat dan bulan Ramadan bahkan pernah dijabarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah penjabarannya :
"Hari Jumat adalah penghulu segala hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari Jumat ini lebih mulia dari hari raya Idul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari Jumat terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari Jumat juga Adam wafat, di hari Jumat terdapat waktu yang jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari Jumat pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari Jumat," sabda Rasulullah seperti diriwayatkan Ahmad.

Sementara itu, Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan. Di bulan itu, semua amal manusia dilipatgandakan dan semua perbuatan baik akan diperhitungkan. Adapun hal yang berkaitan dengan keistimewaan tersebut tersirat dalam Kitab Suci Al-Qur'an sebagai berikut :
"Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)" (Q.S. Al-Baqarah: 185).

Melihat keistimewaan tersebut, hendaknya bangsa negeri ini bersyukur kepada Tuhan YME. atas karunianya yang begitu besar, yaitu mengizinkan para pejuang kemerdekaan Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada hari yang sangat istimewa di bulan yang istimewa pula. Kemarin pun merpakan HUT-RI yang identik dengan hari kemerdekaan Indonesia yang istimewa tersebut. Maka setelah melihat keistimewaan tersebut, hendaknya bangsa ini menjadikan peringatan HUT-RI yang ke-67 sebagai pemacu semangat kemajuan bangsa ini. Semoga keistimewaan tersebut merupakan pertanda baik bagi Republik Indonesia ini yang dapat memicu rakyat dan pengurus negeri ini untuk melakukan hal-hal yang dapat merealisasikan kemajuan bangsa ini ke arah yang lebih baik. Amin. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-67!

Referensi :
http://www.merdeka.com/peristiwa/17-agustus-1945-juga-jatuh-hari-jumat-bulan-ramadan.html

http://diskominfo.tarakankota.go.id/data/Jadwal-Imsakiyah-Ramadan-1433H.pdf



Posting Komentar Default Comments

Untuk menyisipkan video, dapat digunakan kode berikut:
[video]youtubeorvimeovideolink[/video]

Untuk menyisipkan gambar, dapat digunakan kode berikut:
[img]yourimagelink[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Follow on Twitter

item