[INFO]Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk...




PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memi- liki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilak- sanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, peneli- tian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif maha- siswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yaitu PKM.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta ber- jiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada awalnya, dikenal 5 (lima) jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM- Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I). Sejak Januari 2009, DITLITABMAS mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada DITLITABMAS. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung 2 (dua) program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namun dimuarakan pada e-journal. Sedang- kan PKM-GT yang berpeluang didiskusikan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai peng- ganti PKM-AI di PIMNAS.

Pada tahun 2011, jumlah bidang PKM bertambah menjadi 7 (tujuh) dengan terbitnya bidang PKM-KARSACIPTA. Uraian detilnya dapat disimak pada Tabel 2 Karakteristik Umum setiap Bidang PKM.

Program Kreativitas Mahasiswa dialokasikan di DITLITABMAS Ditjen Dikti bagi seluruh pergu- ruan tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan. Kriteria yang meliputi inti kegiatan seperti materi kegiatan, strata pendidikan, jumlah ang- gota, dosen pendamping, alokasi biaya, laporan akhir, dan luaran dari ketujuh kegiatan PKM disajikan pada Tabel 1.

Tabel 1. Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 


No
KRITERIA
BIDANG KEGIATAN
PKMP *)
PKMK*)
PKMM*)
PKMT*)
PKMKC*)
PKM-AI
PKM-GT*)
1
Inti Kegiatan
Karya krea- tif, inovatif dalam penelitian
Karya kreatif, inovatif dalam mem- buka peluang usaha
Karya kreatif, inovatif dalam mem- bantu masyarakat
Karya krea- tif, inovatif dalam mencipta- kan karya teknologi
Karya kreatif, inovatif dalam IPTEKS
Karya krea- tif, dalam penulisan artikel ilmiah
Karya tulis dalam pe- nuangan gagasan/ ide kreatif
2
Materi kegiatan
Sesuai bi- dang ilmu, lintas bidang di- anjurkan
Semua bi- dang ilmu atau yang relevan
Semua bi- dang ilmu atau yang relevan
Semua bi- dang ilmu, lintas bidang di- anjurkan
Semua bi- dang ilmu atau yang relevan
Karya ke- lompok yang telah dilaksana- kan
Karya ke- lompok
3
Strata Pendidikan
Diploma, S1
Diploma, S1
Diploma, S1
Diploma, S1
Diploma, S1
Diploma, S1
Diploma, S1
4
Jumlah Anggota
3-5 orang
3-5 orang
3-5 orang
3-5 orang
3-5 orang
3-5 orang
3-5 orang
5
Alokasi Pendanaan
Biaya maksimum Rp 12,5 juta
Biaya maksimum Rp 12,5 juta
Biaya maksimum Rp 12,5 juta
Biaya maksimum Rp 12,5 juta
Biaya maksimum Rp 12,5 juta
Insentif Rp 3 juta
Insentif Rp 3 juta
6
Laporan Akhir
Hasil Kerja
Hasil Kerja
Hasil Kerja
Hasil Kerja
Hasil Kerja
Artikel
Artikel
7
Luaran
Artikel, paten
Barang dan jasa komer- sial dan artikel
Jasa, desain, barang dan artikel
Paten, model desain, piranti lunak, jasa dan artikel
Sistem, desain, barang, prototipe dan artikel
Artikel Ilmiah
Gagasan kreatif yang tertulis dan artikel. 

Related

PKM 514535228228242120

Posting Komentar Default Comments

Untuk menyisipkan video, dapat digunakan kode berikut:
[video]youtubeorvimeovideolink[/video]

Untuk menyisipkan gambar, dapat digunakan kode berikut:
[img]yourimagelink[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Follow on Twitter

item