Hari Batik Nasional

Hari  selasa, 2 Oktober 2012 , bangsa Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasion...

Hari  selasa, 2 Oktober 2012, bangsa Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional memiliki cerita tersendiri. Tiga tahun lalu, tepatnya pada 2 Oktober 2009, batik diresmikan oleh UNESCO sebagai “Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi” milik Indonesia.

Rasanya ada yang kurang bila bicara soal batik tetapi tidak bicara  tentang etimologinya. Batik, berasal dari kata ngembat (disingkat mbat) dan titik (tik). Kedua kata ini bermakna melontarkan titik. Artinya, kegiatan membatik sama dengan melemparkan atau melontarkan titik demi titik pada sebuah kain yang berwarna putih.

Batik sendiri berkembang sejak zaman Majapahit dan masa-masa awal persebaran Islam di tanah Jawa. Pada awalnya, batik bersifat eksklusif, hanya dibuat dan dikenakan untuk kalangan keraton. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, penggunaan batik meluas hingga ke kalangan rakyat jelata yang notabenenya tidak berkecukupan.


Tentunya batik sudah sepatutnya menjadi identitas nasional bangsa Indonesia. Bangsa ini juga hendaknya tak pernah melupakan akar budayanya, yaitu kesantunan, keramahan, dan kegotongroyongan yang merupakan cerminan kerukunan di atas segala perbedaan yang dapat diibaratkan sebagai beranekaragamnya corak batik. Memakai batik merupakan simbol anak bangsa yang memiliki semangat juang yang tinggi untuk menjadikan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan bersahaja.

Apa kamu siap menjadi anak kebanggaan bangsa ini ?

Related

Wall 681663141180156534

Posting Komentar Default Comments

Untuk menyisipkan video, dapat digunakan kode berikut:
[video]youtubeorvimeovideolink[/video]

Untuk menyisipkan gambar, dapat digunakan kode berikut:
[img]yourimagelink[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Follow on Twitter

item